Menko Darmin: Dengan Skema 7% KUR Bisa Mendorong Optimalkan Sektor Pariwisata

Menko Darmin: Dengan Skema 7% KUR Bisa Mendorong Optimalkan Sektor Pariwisata
Menko Darmin: Dengan Skema 7% KUR Bisa Mendorong Optimalkan Sektor Pariwisata. Melalui sektor pariwisata, pemerintah terus mendorong peningkatan cadangan devisa. Hal itu dilakukan agar kondisi cadangan devisa dalam negeri tetap kuat menghadapi tekanan perekonomian global.

Kementerian Koordinator Bidang Peremonomian pun sudah menetapkan skema kredit atau pembiayaan sektor pariwisata dengan suku bunga rendah. Skema ini sebesar 7% melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk sektor pariwisata.

“Dengan adanya skema KUR Pariwisata ini dapat mendorong optimalisasi pengembangan sektor pariwisata, khususnya di 10 Destinasi Pariwisata Prioritas serta 88 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional,” ujar Menteri Kooordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution saat memimpin Rapat Koordinasi tentang Kredit Usaha Rakyat (KUR) di kantornya, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir menjelaskan, kinerja KUR sampai dengan semester I tahun 2018 mencatatkan capaian yang positif.

“Berdasarkan data realisasi KUR yang dihimpun Sekretariat Komite Kebijakan Pembiayaan bagi UMKM, sejak tahun 2015 sampai dengan 30 Juni 2018, nilai KUR yang telah disalurkan Rp277,4 triliun dengan outstanding Rp130,8 triliun kepada 11,8 juta pelaku UMKM. Capaian tersebut diikuti dengan terjaganya tingkat Non Performing Loan (NPL) KUR pada tingkatan 1,06%,” jelasnya.

Saat ini, penyaluran KUR dari 1 Januari 2018 sampai dengan 30 Juni 2018 tercatat Rp64,6 triliun atau 55,2% dari target penyaluran Rp117,08 triliun di tahun 2018.

Comments

Popular posts from this blog

Dukung Bisnis Industri Sandang Nusantara, 5 BUMN Bersinergi

Mendag: Motor Penggerak Utama Ekonomi Indonesia Adalah Ekspor Dan Investasi

Dorong Perdagangan Bilateral, BI Dan Australia Perpanjang Kerjasama Swap Mata Uang